Dalam penggunaan sebuah aplikasi, tentunya akan lebih mengasyikkan jika user atau pengguna aplikasi dapat berinteraksi dengan aplikasi itu sendiri. Artinya, aplikasi yang digunakan menyediakan ruang bagi pengguna untuk memasukkan data. Sehingga selain mengasyikkan, pengguna juga akan mendapatkan informasi sesuai dengan data yang ia masukkan.
Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari dasar-dasar pembuatan program JAVA dalam menerima input dari Keyboard, sekaligus menampilkan respon atau pesan informasi yang sesuai.
Adapun yang akan kita pelajari adalah :
- Menggunakan class BufferedReader untuk mendapatkan input dari keyboard melalui console;
- Menggunakan class JOptionPane untuk mendapatkan input dari keyboard melalui GUI (Graphical User Interface);
1. Contoh coding menggunakan BufferedReader :
Jika pada coding tersebut kita jalankan atau kita "run", maka pada console akan muncul perintah untuk menginputkan data :
Kemudian misalkan kita ketikkan angka, misalkan 162, kemudian tekan ENTER. Maka console akan memunculkan pesan :
Namun ketika data yang kita ketikkan bukan angka, misalkan "erf", maka console akan memberikan peringatan :
2. Contoh coding menggunakan JOptionPane:
Jika pada coding tersebut kita jalankan atau kita "run", maka akan muncul jendela pesan (input message GUI) perintah untuk menginputkan data :
Kemudian misalkan kita ketikkan angka, misalkan 162, kemudian klik OK atau tekan ENTER. Maka akan muncul pesan (show message GUI):
Namun ketika data yang kita ketikkan bukan angka, misalkan "erf", maka akan muncul peringatan (show message GUI) :
Demikian, walaupun sedikit semoga bermanfaat.
wah keren blognya mas.. banyak info berguna.., berkat postingannya saya bisa ngejar materi yg ketinggalan.. thanks berat :D
ReplyDeletesalam kenal mas.. mampir² ke blog ane juga ya ;) idar.web.id
Wah, terima kasih mas bro sudah mampir di blog ini, btw msh new bie + msh butuh bnyk belajar koq. Salam kenal juga, ini juga lagi berkunjung ke http://idar.web.id/. Ok juga . . .
Delete